Jumat, 22 Oktober 2010

Giliran Warga Padang Lihat Halo Matahari

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Halo matahari terlihat di Bandung, Sabtu (31/1/2009). Fenomena yang sama terlihat di Bogor dengan lingkaran lebih lebar, Selasa (12/10/2010).

PADANG, KOMPAS.com - Sebagian besar warga Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/10/2010) siang tadi heran dengan fenomena alam berupa pelangi yang mengelilingi matahari atau halo matahari.
Sebagian warga bahkan keluar rumah dan gedung perkantoran seperti yang dilakukan sejumlah pegawai di kantor Pertamina wilayah I Sumbar yang buru-buru keluar gedung kantor untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.
"Cobalah lihat keluar, ada pelangi mengelilingi matahari," kata Yanti (45), salah seorang warga. Sebagian warga juga mengabadikan fenomena unik y ang berlangsung antara pukul 10.00 hingga sekitar pukul 14.00 itu dan membagikannya di situs jejaring sosial.
Halo matahari terjadi karena pembiasan cahaya m atahari oleh uap air yang terjadi di atmosfer sehingga membentuk lingkaran pelangi. Terakhir kali, fenomena halo matahari terjadi di Bogor pada Selasa (12/10/2010) lalu.    

sumber:Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar